Bacalah Catatan Amalmu!

img-tumb http://muslimsforallah.com/wp-content/uploads/2014/06/reading_quran.jpg

Greensoulid, Allah berfirman dalam surat Al Isra' ayat 14,

اقْرَأْ كِتَابَكَ كَفَىٰ بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيبًا

"Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu".

Sobat, dalam ayat ini Allah 'azza wa jalla menegaskan bahwa sebenarnya kita sendiri-lah yang mengisi catatan amal kita, setiap lembar perbuatan kita, apakah buruk atau baik, kitalah yang mengisinya. Oleh karena itu dalam ayat tersebut Allah memerintahkan, "bacalah catatanmu!".

Jadi Greensoulid, seperti apa perbuatan kita, baik buruknya, tergantung kita. Kitalah yang bisa melihat berapa banyak amal baik dan amal buruk kita. Catatan amal kita tidaklah terisi oleh amal orang lain. Dan kita semestinya peduli dengan catatan amal kita.

Sehingga kawan, yang terpenting adalah bagaimana kita mewarnai catatan demi catatan, lembar demi lembar dalam catatan amal kita. Karena inilah yang akan menentukan apakah kita termasuk orang-orang yang pada akhirnya selamat, ataukah kita termasuk ke dalam orang yang celaka di mahkamah Allah subhanahu wa ta'ala.

Ingatlah, pena tidak lagi terangkat atas diri kita tatkala kita sudah baligh. Artinya, kita telah terbebani pahala dan dosa. Maka dari itu Greensoulid, masa muda bukanlah masa untuk hura-hura, tapi justru masa untuk mulai serius menata catatan amal. Tinggalkan yang dilarang oleh Allah dan jalankan apa yang diperintahkan Allah. Tanpa nanti dan tanpa tapi.

Sekali lagi, ingat! kelak kita akan membaca catatan amal perbuatan yang kita tulis sendiri. Inilah peringatan dan pelajaran yang bisa kita ambil dari ayat ini. Semoga kita senantiasa berada dalam hidayah Allah 'azza wa jalla dan menjadi pemuda pejuang syariat Allah dambaan surga. Aamiin. Wallahu ta'ala a'lam.

Disarikan dari ceramah KH. Hafidz Abdurrahman. 

Dilihat 127 kali | Tags: