Islam Nggak Sempurna?

img-tumb Credit pic: pixabay.com

Greensoulid, beberapa waktu yang lalu, seorang pemuda muslim yang dikenal dengan video blog satu menitnya, mengangkat suatu tema yang menarik. Dalam videonya itu dia katakan, "No religion is perfect" alias nggak ada satu agama pun yang sempurna. Yap, dia muslim dan itulah yang dia katakan. Bahkan dalam komentarnya, dia menulis, "If we update electronics every 3 months, why we not updated religion for thousands of years?". Dia memahami bahwa agama harus diperbarui sebagaimana teknologi yang terus berkembang. Hmm.. menarik bukan?

Gaes, menganggap agama kita (Islam) nggak sempurna, itu sama artinya kita menerima kebenaran agama lain. Sederhananya begini, Islam itu ada salahnya, agamamu ada benarnya. Dan ini adalah paham yang ayahab alias dangerous. Kenapa? karena secara nggak langsung, dia meragukan akan kebenaran Islam itu sendiri. Bahkan lebih jauh, ini bisa berarti, dia juga meragukan kesempurnaan Allah swt yang Maha Sempurna. Na'udzubillahi min dzaalik.

Seorang muslim, dituntut untuk meyakini kebenaran Islam secara totalitas. BerIslam memang nggak boleh main-main, gaes. Dan sadar atau nggak, ini adalah salah satu bukti kalo Islam itu sempurna. Islam dengan tegas mengharuskan pemeluknya untuk beriman seratus persen. Nggak boleh kurang sedikitpun. Justru ketika suatu ajaran agama membolehkan pemeluknya untuk meragukannya, disitulah letak awal dari ketidaksempurnaan agama tersebut. Bukan begitu?

Sempurnanya ajaran Islam, nggak cuma dalam menjaga keimanan pemeluknya. Tapi juga dalam mengatur setiap bagian kehidupan pemeluknya. Rasulullah Muhammad saw telah memberikan keteladanan yang jelas bagaiamana hidup sebagai seorang muslim. Bagaimana kita berhubungan dengan Allah melalui ibadah-ibadah mahdhoh. Bagaimana kita mengurusi urusan pribadi kita semisal tidur, makan, berpakaian sampai urusan kamar mandi. Bagaimana kita berhubungan dengan orang lain semisal jual beli, berkeluarga, bertetangga bahkan sampai mengurusi warga masyarakat. Semuanya ada di dalam Islam. Perfecto!

Tapi dari sini perlu diinget gaes, Islam memang agama sempurna, tetapi muslim nggak. Oleh sebab itu, muslim dituntut untuk terus memahami Islam sambil meminta kepada Allah agar selalu diberi petunjuk. Karena bagaimanapun juga, hidayah adalah dari Allah 'Azza wa Jalla semata.

Dan bagi siapapun yang ingin meyakini Islam secara utuh, ingin mengetahui kesempurnaan Islam, hendaknya memahami hal ini. Sehingga ketika ada perbuatan seorang Muslim yang keliru, mereka akan kroscek, mereka bertanya kepada orang yang tepat, para ulama yang mukhlis, apakah itu ajaran Islam atau bukan. InsyaAllah, jika mereka benar benar mencari, mereka akan temukan jawaban yang memuaskan pikiran dan hati. Karena Islam itu pasti sesuai dengan fitrah manusia, aturannya pasti memanusiakan manusia.

Kita memohon kepada Allah agar kita dijauhkan dari kesesatan dan selalu dilindungi dari segala macam fitnah. Islam adalah agama sempurna, yang diturunkan oleh Pencipta yang Maha Sempurna. Ajarannya akan terus sesuai untuk manusia, sampai dunia berakhir, bagaimanapun dan apapun perkembangan yang terjadi.

wallaahu a'lam bis showwab []

@alfian_syafii

Dilihat 426 kali | Tags: