Mentok Pas Lagi Nulis? Nathan Filer Punya Jawabannya!

img-tumb Credit phoo -- Phil Bambridge

Greensoulid, siapa nih yang pengen jadi penulis, tapi bawaannya males terus buat nulis. Atau pas udah bertekad kuat, idenya lenyap ketika udah di depan laptop? Pernah? Kalau Greens sering, hihi.

But, semua itu bisa kita atasin kok, Gaes. Salah satu caranya, kita belajar dari para suhu yang pernah mengalami masalah serupa dan berhasil melewatinya.

Pada acara TEDxYouth di Bath, Nathan Filer membagikan pengalamannya menulis. Penulis novel The Shock of the Fall ini menjelaskan, kita harus mengubah tujuan kita menjadi spesifik. Maksudnya, Nathan Filer meminta kita bukan lagi memiliki tujuan; “saya ingin menjadi penulis best seller.” Tapi, ia meminta kita menggantinya dengan; “saya akan menulis sesuatu hari ini.”

Lebih spesifik kan, Gaes?

Resep tersebut juga dipakai oleh pria yang meraih penghargaan Costa Book of the Year ini. Nathan bercerita, ketika  ia menulis di hari pertama, dia menulis satu halaman saja. Besoknya, dia menghapus satu halaman tadi dan menggantinya dengan satu paragraf saja. Selama satu minggu, dia hanya bisa menulis 2000 kata, dan ternyata semuanya nggak terpakai di novelnya! Tapi Nathan yakin, pasti kalimat pertama untuk novelnya akan dia dapatkan dalam proses tersebut. Kata-kata tersebut hanya menunggu kapan Nathan akan menemukannya.

Di akhir penjelasannya, Nathan juga mengingatkan kita bahwa kita harus fokus dengan apa yang kita kuasai. Maksudnya, kita nggak bisa mengontrol penerbit mana yang akan menerbitkan buku kita, apakah orang suka dan memberinya komentar positif atau nggak, apakah banyak orang yang membeli buku kita atau nggak, apakah buku kita jadi best seller apa nggak, dan lain sebagainya. Kita nggak bisa mengontrol itu. Akan tetapi, yang bisa kita kuasai adalah, “apa ya kalimat selanjutnya yang akan kita tulis?”

Dan saat itulah kita akan menuju ke arah yang tepat.

Being a writer, I think that's always a work in progress Nathan Filer

Semoga tips-tips yang diberikan Nathan berguna bagi proses kreatifmu ya, Greensoulid. Semangat berkarya! [] Disarikan dari video TEDxYouth@Bath bertema “How to write an award-winning bestselling first novel

 

Dilihat 185 kali | Tags: