Wajah dunia yang sebenarnya

img-tumb

                  Gaes,wajah dunia yang amat rupawan ternyata menyimpan banyak jebakan. Keindahan yang memukau kadangkala membuat manusia lalai,greensoulid pernah denger kata wahn?

Wahn (cinta dunia dan takut mati) adalah salah satu penyakit yang timbul dikarenakan cinta yang berlebihan terhadap dunia.

Allah berfiman: 

  " Dan kehidupan dunia ini,hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu,sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Tidakkah kamu mengerti? " (surat al-an'am:32)

Nah gaes betapa berbahayanya tipuan dunia,bahkan dunia juga mampu membuat manusia lalai hingga ajal menjemputnya,bisa kebayang tidak keadaan manusia ketika ajal menjemputnya dalam keadaan lalai? 

Dalam surat al-hadid:20,Allah berfirman:

" Ketahuilah,sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau,perhiasan,dan saling berbangga diantara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan,seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani;kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan dikhirat ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-NYA. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

 

Dari Ibnu Abbas,ia mendengar rasulullah bersabda:

" Seandainya manusia memiliki lembah berisi harta,tentu ia masih menginginkan harta yang banyak semisal itu pula. Mata manusia barulah penuh jika diisi dengan tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat"(Hadist bukhari no. 6437)

Ibnu zubair juga berkhutbah:

" Wahai sekalian manusia,sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda," Seandainya manusia diberi lembah penuh dengan emas,maka ia masih menginginkan lembah kedua yang semisal itu. Jika diberi lembah kedua ia pun masih menginginkan lembah ketiga. Perut manusia tidaklah akan penuh melainkan dengan tanah. Allah tentu menerima taubat bagi siapa saja yang bertaubat" (HR Bukhari no.6438)

Dunia yang berbentuk harta bisa jadi rezeki dan juga bisa jadi ujian dan cobaan bagi kita gaes,banyak fakta yang bisa kita cerna,ini bukan masalah makanan ya :) ,sebuah kisah nyata yang singkat.

Suatu hari ada keluarga yang hidup bisa dibilang miskin,namun ketaatan pada Rabbnya amatlah tinggi. Dalam do'anya dia selalu meminta agar diberi rezeki berupa harta yang banyak. Tak lama beberapa tahun kemudian,do'anya dikabulkan oleh Allah. Keluarga tersebuat mempunyai harta yang melimpah,tapi semangat menghadap Rabbnya mulai berkurang. Mereka mempunyai satu kesibukan yang khas yaitu menimbun banyak harta. Dan yang pada akhirnya keluarga tersebut melalaikan tugasnya sebagai seorang hamba.

Diatas adalah sekelumit kisah nyata yang sering kita lihat.

Allah berfirman:

" Dan ketahuilah bahwa hartamu,dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya disisi Allah ada pahala yang sangat besar"(surat al-anfal:28)

" Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barangsiapa berbuat demikian,maka mereka itulah orang-orang yang rugi"(surat al-munafiqun:9)

Dan yang paling menakutkan lagi ancaman Allah bagi orang-orang yang lalai dan bermegah-megahan

Allah berfirman:

" Bermegah-megahan telah melalaikan kamu. Sampai kamu masuk kedalam kubur. Sekali-kali tidak!kelak kamu akan mengetahui . Sekali-kali tidak! kamu akan mengetahui . Sekali-kali tidak!sekiranya kamu akan mengetahui dengan pasti. Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka jahim. Kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepalamu sendiri. Kemudin kamu akan benar-benar ditanya pada hari itu tentang kenikmatan" (surat at-takasur:1-8)

Semoga dengan keimanan dalam diri,kita tidak terlena dengan dunia yang hanya sementara. Allahu a'lam bi ash-shawab

 

Dilihat 153 kali | Tags: